Hal tersebut diungkapkan Ketua umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas disaat membuka secara resmi acara Konferensi Wilayah XIV GP Ansor Wilayah Sulsel.
Dikutip PetalingOnlineNews dari laman Tribun Timur dalam acara Pembukaan Konferensi yang digelar di pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Al Imam Ashim, Tammangapa Bangkal, Manggala, Makassar, Sabtu (9/9/2017).
"Kalau kita mau bicara soal TNI, jumlah kader banser di Indonesia itu jauh lebih banyak dari TNI," katanya saat menyapa Letkol Arhanud TNI Nur Subekhi.
Kasdim Tabes 1408/BS Makassar, Letkol Nur Subekhi yang hadir pada Konferensi Wilayah XIV GP Ansor Sulsel itu, wakili Pangdam Hasanuddin, Mayjen Agus SB.
Lanjut Yaqut, pasukan Banser seluruh Indonesia itu kurang lebih lima juta, sedangkan TNI itu sekitar 600 ribu.
"Jadi kalau mau tawur tangan kosong, memang kita (Ansor dan Banser) pak," ujar Yaqut yang bercanda usai menyapa perwakilan Kodam XIV Hasanuddin.
Yaqut menjelaskan, ia tidak bandingkan pasukan yang dimiliki NU dan pasukan TNI untuk berkelahi, tapi untuk latihan dari prajurit TNI ke pasukan Banser.
"Tawur tangan kosong menang kita, asalkan jangan pakai senjata, pastinya prajurit TNI menang. Ini untuk latihan dan olahraga," tambah Yaqut Cholil.
Usai menyapa dan bercanda ria dengan perwakilan dari Kodam XIV, Yaqut juga menyapa Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang dan tokoh lainnya.